Senin, 29 Januari 2024

Kunci Jawaban Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C) MODUL 3

 


Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C)

MODUL 3

Penguatan Literasi SMP dan SMA

Post Test

1.       Salah satu contoh program ramah literasi yang dapat diterapkan di lingkup SMP dan SMA adalah mengadakan klub buku. Klub buku dapat berfungsi sebagai wadah untuk mendiskusikan buku bersama-sama.

A.      Bagaimana peran guru dalam kegiatan klub buku ini?

B.      Guru memilihkan buku yang akan didiskusikan dalam klub buku.

C.      Guru mengajukan pertanyaan pemantik yang sesuai saat diskusi buku.

D.      Guru memastikan setiap murid sudah selesai membaca buku yang akan didiskusikan.

E.       Guru menyiapkan perangkat asesmen untuk mengukur kemampuan literasi murid selama diskusi buku.

 

2.       Salah satu contoh lingkungan fisik kaya teks di SMP-SMA/ SMK adalah menyediakan Sudut Baca Kelas. Guru dapat melibatkan murid untuk turut mengelola Sudut Baca Kelas. Bagaimana contoh kontribusi murid yang bermakna dalam pengelolaan sudut baca tersebut?

A.      Menghias sudut baca kelas dengan aneka poster dan gambar

B.      Menjaga kerapian dan kebersihan Sudut Baca Kelas

C.      Mengkurasi buku-buku yang akan diletakkan di Sudut Baca Kelas

D.      Mengingatkan teman-temannya untuk tenang saat membaca

 

3.       Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.

A.      Benar

B.      Salah

 

4.       Pada strategi “VIP (Very Important Point)” atau "TPP (Tandai Poin Penting)" yang dijelaskan dalam video, apa yang perlu diperhatikan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan umpan balik bagi murid?

A.      Jumlah teks yang disiapkan oleh murid.

B.      Model dan desain penanda yang dibuat oleh murid.

C.      Alasan murid menandai bagian yang mereka anggap penting.

D.      Sumber atau referensi yang digunakan oleh murid.

 

Kunci Jawaban Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C) Modul 2

 


Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C)

MODUL 2

Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi

Post Test

1.       Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?

A.      Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid.

B.      Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.

C.      Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.

D.      Semua salah

 

2.       Perhatikan elemen-elemen berikut:

1. Kebutuhan murid

2. Kondisi kelas

3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah

4. Lingkungan sekolah

Apa saja aspek yang perlu dipertimbangkan saat Guru akan melakukan modifikasi pembelajaran?

A.      1 dan 2

B.      2 dan 3

C.      3 dan 4

D.      1 dan 3

 

3.       Ibu Ani menemukan banyak murid yang masih belum paham sama sekali atau bahkan memerlukan kegiatan remedial di kelasnya. Manakah langkah yang paling tepat ia lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut?

A.      Ia dapat merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk murid yang memerlukan remedial.

B.      Ia dapat membuatkan PR yang banyak agar murid belajar sendiri di rumah.

C.      Ia menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya kurang belajar.

D.      Ia meminta setiap murid mengumpulkan tugas di akhir kelas.

 

4.       Pak Bonu ingin mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh Pak Bonu adalah

A.      Mengajak murid untuk m enyepakati target dan tujuan belajar.

B.      Mengajak murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang diinginkan saat belajar.

C.      A dan B adalah jawaban salah

D.      A dan B adalah jawaban benar

 

5.       Seorang pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas. Ia mendapati bahwa murid-murid di kelas belum pernah mendapatkan satu materi yang ingin diajarkan. Apa yang perlu ia sampaikan kepada para murid di awal pembelajaran?

A.      Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten.

B.      Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga murid-murid perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum kelas dimulai.

C.      Ia dapat menjelaskan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan murid terhadap materi tersebut, bagaimana materi ini bermakna dalam kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

D.      Ia dapat langsung menjelaskan dan memberi soal terkait materi tersebut sehingga murid terbiasa.

Kunci Jawaban Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C) Modul 1

 


Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C)

Nodul 1 Memahami Murid

Post Test

1.       Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid, kecuali:

A.      Bakat murid√

B.       Keterampilan murid

C.      Pengetahuan murid

D.      Ketertarikan murid

 

2.       Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid. Rekan Pak Arif menyarankan ia untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih dikuasai murid-murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses belajar murid. Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran?

1. Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai lembar kerja murid.

2. Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu singkat.

3. Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah

4. Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti karier di masa depan

5. Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya sendiri.

Jawaban yang tepat adalah:

A.       1, 2, 3

B.      1, 3, 4√

C.      2, 3, 5

D.      2, 4, 5

 

3.       Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi mengenai kebutuhan murid.

A.      Benar. √

B.       Salah.

 

4.       Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?

A.       Modifikasi proses

B.       Modifikasi produk akhir

C.      Modifikasi alur tujuan pembelajaran√

D.      Modifikasi konten

 

5.       Perhatikan kemampuan prasyarat pada contoh mata pelajaran Bahasa Indonesia berikut:

1. Murid dapat menyampaikan ide tanpa bantuan guru

2. Murid dapat membedakan kalimat fakta dengan opini

3. Murid dapat membedakan kalimat utama dengan kalimat penjelas

4. Murid dapat membaca dengan cepat

5. Murid dapat menyampaikan ide secara lancar

Saat akan menulis sebuah teks argumentasi, kemampuan yang menjadi prasyarat penguasaan materi adalah:

A.       1 dan 2

B.      2 dan 3√

C.      3 dan 4

D.      4 dan 5

 

6.       Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:

1. Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi projek.

2. Menentukan potensi yang sama untuk seluruh murid di kelas.

3. Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.

4. Memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan umpan balik.

5. Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar tampak menarik.

Strategi yang tepat adalah.......

A.      Nomor 1 dan 3. √

B.       Nomor 2 dan 4.

C.      Nomor 3 dan 5.

D.      Nomor 1 dan 5.

 

7.       Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?

A.      Memberikan instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil. √

B.       Menentukan jarak yang berjauhan antara tiap kelompok agar tidak saling mengganggu.

C.      Meminta setiap murid mengisi lembar refleksi setelah kegiatan usai.

D.      Mengurangi jumlah anggota kelompok agar proses membaca menjadi lebih tenang.

 

Sabtu, 27 Januari 2024

Kunci Jawaban Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan MODUL 2

 


Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

MODUL 2

Pendalaman Rapor Pendidikan

Post Test

1.       Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?

Jawaban: Rapor Pendidikan digunakan untuk menilai dan membandingkan kualitas sekolah

2.       Apa kebijakan yang harus dilakukan ketika menemukan indikator yang belum tercapai pada Rapor Pendidikan?

Jawaban: Fokus kepada solusi perbaikan

3.       Laporan Rapor Pendidikan saat ini merupakan versi terbaik dimana tidak akan ada lagi perubahan di kemudian hari. Pernyataan ini ...

Jawaban: Salah

4.       Pada kolom capaian Laporan Rapor Pendidikan, terdapat spektrum warna …

Jawaban: Merah: Kurang, Kuning: Sedang, Hijau: Baik

5.       Berdasarkan prinsip Output Proses dan Input, jika indikator Iklim Keamanan Sekolah belum mencapai target, maka komponen yang juga perlu diperhatikan adalah?

Jawaban: Komponen Input

6.       Indikator prioritas tambahan bagi SMK yang merupakan indikator dalam dimensi D adalah? 

Jawaban: Indikator Mayoritas