Jumat, 04 November 2022

Dahak

Apa itu dahak?

Biasanya, di saluran pernapasan, kelenjar khusus mengeluarkan sejumlah kecil lendir bening. Hal ini diperlukan untuk melembabkan selaput lendir, menangkap partikel kecil (seperti debu), dan menetralisir bakteri. Sejumlah kecil sekresi tidak memicu batuk, karena dievakuasi dengan baik - silia epitel menggerakkan lendir ke atas dan orang tersebut secara refleks menelannya.

Dengan perkembangan penyakit, jumlah sekresi meningkat - dengan cara ini organ pernapasan melawan infeksi, menghilangkan bakteri patogen, virus, dan racun. Dengan latar belakang peningkatan volume lendir, reseptor di saluran pernapasan teriritasi, dan batuk refleks terjadi. Serangan batuk sering menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup besar pada pasien, karena pada awal penyakit, lendir dibatukkan dengan buruk karena viskositasnya yang tinggi.

Selain penyakit menular, sejumlah besar sekresi lendir di saluran pernapasan dapat terjadi dengan penyakit berikut:

                     asma bronkial;

                     tuberkulosis;

                     radang dlm selaput lendir;

                     proses inflamasi kronis di rongga hidung;

                     penyakit onkologis pada sistem pernapasan.

Selain itu, batuk dengan dahak sering diamatiperokok. Karena kontak konstan dengan asap tembakau, selaput lendir terkena efek negatif dari nikotin dan tar yang terkandung dalam rokok. Akibatnya, peradangan kronis pada selaput lendir terjadi dan silia epitel mati, yang berarti bahwa lendir tidak dapat dikeluarkan dengan sendirinya.

Dahak normal tidak berwarna dan tidak berbau.  Dengan perkembangan proses patologis, analisis pelepasan dilakukan, dengan bantuan yang memungkinkan untuk mengidentifikasi agen penyebab penyakit dan menilai tingkat kerusakan paru-paru.

Jenis-jenis dahak

Dengan perkembangan proses patologis pada organ pernapasan, jumlah lendir yang dihasilkan meningkat secara dramatis - volumenya bisa mencapai 1,5 liter per hari, menjadi kental. Warna, bau, dan konsistensi rahasia dapat memberi tahu tentang sifat dan tingkat keparahan penyakit.

 Sputum berkarat dan berwarna coklat

Warna lendir merah-merah disebabkan oleh adanya sedikit darah. Biasanya, ini terjadi karena kerusakan pembuluh darah kecil dengan batuk yang kuat. Selain itu, dahak coklat sering diamati pada perokok - produk pembakaran daun tembakau menumpuk di lumen bronkus.

Dahak Kuning

Dalam kebanyakan kasus, warna kuning lendir disebabkan oleh mekanisme alami sistem kekebalan tubuh, yang diaktifkan sebagai respons terhadap infeksi. Biasanya, warna kuning rahasia hanya bertahan selama beberapa hari pertama sakit, kemudian menjadi kehijauan. Pada kasus yang parah, dahak kuning dapat menunjukkan adanya nanah dengan latar belakang proses inflamasi yang serius di paru-paru, misalnya dengan pneumonia.

Warna kuning cerah, warna kenari dari sekresi bronkial adalah karakteristik aspergillosis, infeksi jamur pada paru-paru yang berkembang dengan latar belakang infeksi jamur Aspergillus.

Dahak kuning adalah karakteristik dari:

                     infeksi virus pernapasan akut;

                     akut dan kronisbronkitis;

                     sinusitis dan deviasi septum.

Dahak Hijau

Nuansa hijau lendir menunjukkan peradangan aktif yang disebabkan oleh bakteri patogen - paling sering stafilokokus atau streptokokus. Pewarnaan rahasia dikaitkan dengan penetrasi neutrofil ke dalamnya - elemen darah dari kelompok leukosit. Merekalah yang dalam jumlah besar menembus fokus infeksi dan melawan patogen - jamur atau bakteri. Warna hijau dapat menunjukkan proses purulen dan penyakit pernapasan yang serius, seperti:

                     bronkitis dan radang paru-paru;

                     abses paru-paru;

                     cystic fibrosis;

                     tuberkulosis.

Batuk dengan dahak berwarna hijau sering dikaitkan dengan gejala lain seperti demam, sesak napas, kesulitan bernapas, dan nyeri dada. Dalam kasus yang parah, lendir hijau yang keluar memiliki bau busuk yang kuat.

Dahak Merah dan Merah Muda

Nuansa lendir seperti itu menunjukkan perdarahan dengan intensitas yang bervariasi. Dahak merah muda lebih sering dikaitkan dengan pecahnya pembuluh darah kecil saat batuk parah. Batuk berlendir merah muda berbusa dan serangan batuk yang menyiksa bisa menjadi salah satu tanda penyakit jantung. Warna merah yang kaya dari lendir adalah alasan untuk segera mencari bantuan medis darurat. Ketika rahasia tebal dengan warna merah muda dan merah dengan intensitas apa pun muncul, penting untuk menjalani pemeriksaan tambahan untuk menyingkirkan penyakit serius.

Dahak dengan darah khas untuk:

                     neoplasma ganas di paru-paru;

                     tuberkulosis;

                     emboli paru;

                     edema paru.

Dahak Putih

Dahak putih adalah gejala utama peradangan pada sistem pernapasan. Karena edema mukosa, produksi lendir meningkat tajam, pasien berkembangbatuk basahdengan banyak lendir. Rahasia lendir transparan tidak selalu keluar dengan cepat, sehingga secara bertahap menjadi kental dan memperoleh warna putih.

Dahak Berwarna Abu-Abu dan Hitam

Dahak abu-abu diamati pada tahap awal penyakit menular. Sputum hitam yang kaya jarang terjadi dan biasanya terlihat pada orang yang bekerja dalam kondisi buruk, seperti penambang. Pewarnaan lendir dalam warna gelap dalam hal ini disebabkan oleh penetrasi ke paru-paru partikel udara yang tercemar - batu bara atau debu besi.

Dahak Pada Orang Dewasa

Munculnya dahak di akhir periodebatuk keringsaat pilek bisa dikatakan sebagai awal dari proses penyembuhan. Namun, selain infeksi saluran pernapasan, ada penyebab lain dari dahak pada orang dewasa:

                   proses inflamasi di bronkus dan paru-paru - bronkitis dan pneumonia;

                   reaksi alergi;

                   asma bronkial;

          proses purulen dan destruktif di paru-paru - pasien khawatir tentang lendir hijau yang sulit dipisahkan dengan bau yang tidak sedap;

                   tuberkulosis;

                   neoplasma ganas di paru-paru.

Pada orang dewasa, akumulasi sekresi lendir tidak selalu disertai dengan:batuk berlama-lama. Dalam beberapa kasus, ada sensasi di nasofaring, gatal dan benjolan di tenggorokan. Akumulasi dahak di tenggorokan dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang parah dan mengganggu pernapasan.

Sputum tanpa batuk tidak terjadi pada patologi paru-paru, karena akumulasi sekresi di saluran udara selalu memicu batuk refleks. Dalam hal ini, sedikit sekresi lendir dapat disebabkan oleh peradangan pada saluran pernapasan bagian atas dan organ THT:

                     sinusitis, termasuk sinusitis yang bersifat virus, bakteri atau alergi;

                     faringitisatau tonsilitis.

Dahak tanpa demam pada orang dewasa memerlukan diagnostik tambahan, terutama jika gejala yang tidak menyenangkan tidak hilang lebih dari seminggu.

Dahak Pada Anak

Karena kekhasan struktur dan fungsi sistem pernapasan, ekskresi dahak pada anak-anak dapat melambat. Komposisi sekresi bronkial pada bayi mencakup sejumlah kecil komponen pelindung, oleh karena itu, untuk mempertahankan sifat bakterisida, sejumlah besar lendir disintesis. Selain itu, dahak pada anak lebih kental dan kental, oleh karena itu, dalam kombinasi dengan peningkatan volume, lebih sulit bagi silia di bronkus untuk mengeluarkannya.

Perbedaan penting lainnya adalah bahwa pada anak-anak impuls batuk lebih lemah daripada pada orang dewasa. Karena itu, bayi tidak bisa batuk berlendir. Akumulasi sejumlah besar sekresi lendir dan ekskresi yang tertunda dapat menyebabkan stagnasi dan multiplikasi bakteri. Oleh karena itu, dahak yang melimpah pada anak memerlukan perhatian khusus agar tidak terjadi komplikasi yang serius.

Dahak pada anak di malam harimengganggu tidur- Dia sering memprovokasi serangan batuk yang menyiksa. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membersihkan dahak yang dapat membantu anak Anda dan mempercepat aliran lendir:

              menjaga kelembaban udara dalam ruangan pada tingkat 40-60% - dalam kondisi seperti itu, dahak di tenggorokan anak menjadi kurang kental dan lebih mudah untuk batuk;

                     minuman hangat yang berlimpah - penggunaan cairan memfasilitasi ekskresi sekresi lendir;

                 pembersihan basah setiap hari di dalam ruangan - penghapusan debu dan alergen mencegah perkembangan reaksi alergi dan pembengkakan di tenggorokan;

                   mengudara ruangan dan berjalan di udara segar - aktivitas fisik sedang membantu membuat batuk menjadi produktif;

                     pijat drainase - gerakan menepuk membantu memisahkan lendir dari dinding bronkus dan anak mengeluarkan dahak, mengeluarkannya.

Cara menghilangkan dahak

Untuk mengeluarkan lendir dengan cepat, dokter menyarankan untuk minum lebih banyak cairan, ventilasi ruangan, melembabkan udara dan melakukan latihan pernapasan yang dikombinasikan dengan perawatan obat. Obat pengencer dahak dapat membantu mempercepat ekskresi sekret lendir dan meredakan batuk yang pas. Anda juga bisa melamarRengalin, yang, dengan mengurangi peradangan, mengurangi produksi dahak. Ini bekerja segera pada 2 jenis batuk - basah dan kering. Obat ini memiliki jumlah kontraindikasi minimum dan disetujui untuk digunakan pada anak di atas 3 tahun. Rengalin aman untuk dikombinasikan dengan penghilang dahak lainnya.

Obat ini mudah digunakan di rumah dan di jalan - tidak perlu dicuci dengan air, karena tersedia sebagai larutan oral dan tablet hisap. Tiga komponen aktif dalam komposisi Rengalin memiliki efek kompleks - mereka mengurangi aktivitas pusat batuk, menekan pembengkakan dan memperluas lumen bronkus, membuatnya lebih mudah untuk mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan.

0 comments:

Posting Komentar