Senin, 25 April 2022

Soal Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XII

 SOAL PEMELIHARAAN MESIN PAS 2021/2022

KELAS XII  TBMS

PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR DAN BERILAH TANDA (X)     

  1. Apa kelebihan tiap tiap posisi katup tipe side valve ....

  1. Bobot mesin dapat berkurang

  2. Katup berada di atas piston dan digerakan oleh Rocker arm

  3. Ruang kompresi dapat dibuat lebih kecil, sehingga menghasilkan perbandingan kompresi yang tinggi

  4. Tenaga yang dihasilkan dapat lebih besar

  5. Putaran Camshaft digerakkan oleh rantai penggerak (cam chain).

  1. Apa kelebihan tiap tiap posisi katup Tipe Single Over Head Camshaft (SOHC)....

    1. Bobot mesin dapat berkurang

    2. Katup berada di atas piston dan digerakan oleh Rocker arm

    3. Ruang kompresi dapat dibuat lebih kecil, sehingga menghasilkan perbandingan kompresi yang tinggi

    4. Tenaga yang dihasilkan dapat lebih besar

    5. Putaran Camshaft digerakkan oleh rantai penggerak (cam chain).

  2. Apa kelebihan tiap tiap posisi katup Tipe Over Head Valve (OHV)....

    1. Bobot mesin dapat berkurang

    2. Katup berada di atas piston dan digerakan oleh Rocker arm

    3. Rocker arm ditiadakan.

    4. Tenaga yang dihasilkan dapat lebih besar

    5. Putaran Camshaft digerakkan oleh rantai penggerak (cam chain).

  3. Apa kelebihan tiap tiap posisi katup Tipe Double Over Head Camshaft (DOHC)

    1. Bobot mesin dapat berkurang

    2. Katup berada di atas piston dan digerakan oleh Rocker arm

    3. Rocker arm ditiadakan.

    4. Tenaga yang dihasilkan dapat lebih besar

    5. Putaran Camshaft digerakkan oleh rantai penggerak (cam chain).

Soal untuk nomer 5-13

Apa nama komponen pada gambar dibawah ini..

  1. Gambar nomer 1 adalah...

  1. Camshaft

  2. cam chain sprocket

  3. rocker arm 

  4. valve spring

  5. valve

  1. gambar nomer 2 adalah...

    1. Camshaft

    2. cam chain sprocket

    3. rocker arm 

    4. valve spring

    5. valve

  2. gambar nomer 3 adalah...

    1. Camshaft

    2. cam chain sprocket

    3. rocker arm 

    4. valve spring

    5. valve

  3. gambar nomer 4 adalah...

    1. Camshaft

    2. cam chain sprocket

    3. rocker arm 

    4. valve spring

    5. valve

  4. gambar nomer 5 adalah...

    1. Camshaft

    2. cam chain sprocket

    3. rocker arm 

    4. valve spring

    5. valve

  5. gambar nomer 6 adalah..

    1. cylinder 

    2. head cover

    3. cylinder head

    4. cam chain

    5. valve

  6. gambar nomer 7 adalah...

    1. head cover

    2. cylinder

    3. cylinder head

    4. cam chain

    5. valve

  7. gambar nomer 8 adalah...

    1. cylinder 

    2. head cover

    3. cylinder head

    4. cam chain

    5. valve

  8. Gambar nomer 9 adalah...

    1. cylinder 

    2. head cover

    3. cylinder head

    4. cam chain

    5. valve

  9. apa keuntungan mesin 4 tak...

    1. harga terjangkau

    2. suara lebih mengemma

    3. Jarak putaran rendah ke tinggi lebih lebar (500 – 10.000 rpm).

    4. Jarak putaran tinggi ke rendah lebih lebar (450-10.000 rpm)

    5. Sirkulasi pendinginan mudah

  10. Apa fungsi sensor FID (Fast Idle Solenoid) System...

  1. Saat mesin dingin, RPM mesin perlu dinaikkan karena oli mesin masih cukup kental

  2. pada saat Idle yaitu saat katup primer dan katup sekunder tertutup sempurna.

  3. Untuk menyetel putaran idling

  4. Mengoreksi penyimpangan campuran udara - bahan bakar karena perubahan kepadatan udara, akibat perubahan temperature udara yang masuk ke ruang bakar

  5. Memberikan signal listrik kepada ECU, supaya ECU dapat mendeteksi  sudut crank & putaran mesin dengan akurat

  1. Apa fungsi sensor ISC (Idle Speed Control) System

    1. Saat mesin dingin, RPM mesin perlu dinaikkan karena oli mesin masih cukup kental

    2. pada saat Idle yaitu saat katup primer dan katup sekunder tertutup sempurna.

    3. Untuk menyetel putaran idling

    4. Mengoreksi penyimpangan campuran udara - bahan bakar karena perubahan kepadatan udara, akibat perubahan temperature udara yang masuk ke ruang bakar

    5. Memberikan signal listrik kepada ECU, supaya ECU dapat mendeteksi  sudut crank & putaran mesin dengan akurat

  2. Apa fungsi sensor By Pass Screw ...

    1. Saat mesin dingin, RPM mesin perlu dinaikkan karena oli mesin masih cukup kental

    2. pada saat Idle yaitu saat katup primer dan katup sekunder tertutup sempurna.

    3. Untuk menyetel putaran idling

    4. Mengoreksi penyimpangan campuran udara - bahan bakar karena perubahan kepadatan udara, akibat perubahan temperature udara yang masuk ke ruang bakar

    5. Memberikan signal listrik kepada ECU, supaya ECU dapat mendeteksi  sudut crank & putaran mesin dengan akurat

  3. Apa fungsi sensor IATS ...

    1. Saat mesin dingin, RPM mesin perlu dinaikkan karena oli mesin masih cukup kental

    2. pada saat Idle yaitu saat katup primer dan katup sekunder tertutup sempurna.

    3. Untuk menyetel putaran idling

    4. Mengoreksi penyimpangan campuran udara - bahan bakar karena perubahan kepadatan udara, akibat perubahan temperature udara yang masuk ke ruang bakar

    5. Memberikan signal listrik kepada ECU, supaya ECU dapat mendeteksi  sudut crank & putaran mesin dengan akurat

  4. Apa fungsi sensor CPS (Crankshaft Position Sensor)...

    1. Saat mesin dingin, RPM mesin perlu dinaikkan karena oli mesin masih cukup kental

    2. pada saat Idle yaitu saat katup primer dan katup sekunder tertutup sempurna.

    3. Untuk menyetel putaran idling

    4. Mengoreksi penyimpangan campuran udara - bahan bakar karena perubahan kepadatan udara, akibat perubahan temperature udara yang masuk ke ruang bakar

    5. Memberikan signal listrik kepada ECU, supaya ECU dapat mendeteksi  sudut crank & putaran mesin dengan akurat

  5.  Sensor yang berfungsi seperti choke pada sistem karburator adalah..

    1. FID (Fast Idle Solenoid)

    2. injector

    3. Fuel Pump

    4. Throttle Position Sensor (TPS)

    5. Idle Speed Control (ISC)

  6. Menyemprotkan bahan bakar dengan jumlah dan waktu yang akurat adalah fungsi dari sensor...

    1. FID (Fast Idle Solenoid)

    2. injector

    3. Fuel Pump

    4. Throttle Position Sensor (TPS)

    5. Ignition coil 

  7. menghasilkan arus listrik guna membakar campuran bahan bakar & udara adalah fungsi dari

    1. FID (Fast Idle Solenoid)

    2. injector

    3. Fuel Pump

    4. Throttle Position Sensor (TPS)

    5. Ignition Coil

  8. Mendistribusikan bahan bakar bertekanan tinggi kepada Injector adalah fungsi dari..

    1. FID (Fast Idle Solenoid)

    2. injector

    3. Fuel Pump

    4. Throttle Position Sensor (TPS)

    5. Ignition Coil

  9. Piston bergerak turun dari TMA ke TMB disebut langkah

  1. Langkah buang

  2. Langkah pemasukan (hisap)  JWB. B

  3. Langkah ekspansi

  4. Langkah kompresi

  5. Langkah usaha

  1. Ada berapa tahapan prinsip kerja motor 4 tak ?

    1. 1 tahapan

    2. 2 tahapan

    3. 4 tahapan  JWB.C

    4. 6 tahapan

    5. Suction – compressi – power – exhaust

II. JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR!

  1. Buatlah alur informasi O2 sensor ...

  2. Sebutkan keuntungaan dan kerugian motor 4 tak...

  3. Apa yang terjadi apabila penyetelan celah klep lebih rapat ...

  4. Apa yang dimaksud overlapping ...

  5. Type pengerak katup mekanismenya adalah... 

2. Keuntungan:

  • Karena proses pemasukan, kompresi, kerja dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri, sehingga lebih presisi, efisien dan stabil.

  • Jarak putaran rendah ke tinggi lebih lebar (500 – 10.000 rpm).

  • Kerugian langkah karena tekanan balik (blow by), lebih kecil dibandingkan mesin 2 tak.

  • Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli.

  • Langkah pemasukan dan buang lebih panjang, sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektive rata-rata lebih baik.

  • PS/lt lebih besar, sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat.


Kerugian:

  • Mekanisme penggerak katup masuk dan katup buang lebih rumit, sehingga perawatan lebih sulit.

  • Suara yang ditimbulkan dari pergerakan mekanis lebih gaduh (noise).

  • Langkah kerja terdiri dari 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putaran tidak stabil.

Diperlukan jumlah silinder yang lebih dari satu dan damper penahan getaran


3. akan menyebabkan durasi valve (lamanya klep terbuka) menjadi lebih kecil.

4. kejadian dimana katup masuk dan katup buang terbuka bersamaan terjadi saat awal langkah hisap dan awal langkah buang

5. side valve, overhead valve, overhead camshaft, 








0 comments:

Posting Komentar