Sabtu, 21 Januari 2023

Makanan kaya protein

Makanan kaya protein adalah bagian penting dari makanan manusia. Kekurangan protein berdampak negatif pada kesehatan orang dewasa dan anak-anak. Elemen ini penting bagi wanita selama kehamilan dan menyusui, serta bagi para atlet, terutama jika mereka melakukan latihan kekuatan.

Protein ditemukan dalam banyak makanan, tetapi ada makanan yang jauh lebih banyak. Dan ini belum tentu hanya daging merah atau dada ayam (walaupun mereka, tentu saja, memimpin dalam indikator ini). Pada artikel kami, kami akan berbicara tentang manfaat protein dan memberikan daftar produk dari berbagai asal yang tinggi protein.

Jenis dan manfaat protein

Senyawa protein (protein, polipeptida) adalah rantai asam amino organik yang melakukan banyak fungsi, yang utamanya bersifat enzimatik, yaitu pengaturan reaksi kimia dalam organisme hidup (pada manusia - sekitar lima juta protein).

Tubuh kita tidak akan bertahan tanpa senyawa protein, karena enzim ini mendukung semua sistem utamanya. Zat-zat ini mengandung lebih dari dua puluh rantai asam amino, sepuluh di antaranya tidak diproduksi oleh tubuh manusia sendiri. Namun, mereka sangat penting. Di sinilah makanan kaya protein masuk. 

Jenis dan manfaat protein

Fungsi berguna yang dilakukan protein:

  • pemulihan senyawa seluler dan jaringan;
  • pemeliharaan proses fermentasi;
  • pemeliharaan sistem produksi hormon;
  • menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit virus;
  • mengisi struktur seluler dengan komponen vitamin dan mineral, dan sebagainya.

Ada dua jenis produk: makanan kaya protein hewani dan makanan kaya protein nabati. Polipeptida jenuh: susu, sereal, daging, makanan laut. Serat makanan mendominasi produk sayur dan buah, serta bumbu dan rempah-rempah. Mereka tidak dicerna oleh enzim tubuh, tetapi diproses oleh mikroflora usus yang bermanfaat, sehingga terlalu jenuh dapat merusak sistem pencernaan.

Jadi, sedikit lebih banyak tentang jenis produk di atas:

  1. Makanan nabati kaya protein . Proses asimilasi oleh tubuh lebih lama, tetapi diperlukan untuk diet diet (mengandung sedikit kalori).
  2. Makanan kaya protein hewani . Proses asimilasinya cukup cepat dan mudah, namun dengan pola makan perlu dilakukan penyeimbangan kandungan kalorinya, karena produk tersebut jenuh dengan lemak. Yang terbaik adalah memilih bahan daging tanpa lemak: ayam, kelinci, kalkun. Tidak disarankan makan bebek, babi, dan domba muda. Selain itu, susu dengan kandungan lemak 0% sebaiknya lebih disukai.

Menunya harus rasional, karena kekenyangan atau sebaliknya kekurangan protein seringkali menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Apa manfaat asam amino yang terdapat pada protein?

  • regenerasi struktur seluler;
  • pembentukan struktur otot;
  • merawat kesehatan gigi, lempeng kuku, rambut dan kulit.

Siapa yang mendapat manfaat dari protein di tempat pertama:

  • anak-anak, karena mereka sedang dalam proses pembentukan tubuh yang sehat;
  • wanita selama kehamilan (kekurangan komponen protein dapat menyebabkan masalah dengan konstruksi koneksi seluler dan jaringan pada bayi);
  • atlet profesional dan mereka yang suka berlatih (makanan kaya protein mempercepat perkembangan otot).

Selama sehari, dianjurkan mengonsumsi dua gram senyawa protein per kilogram berat badan.

Produk daging tinggi protein

Yang paling bermanfaat bagi tubuh manusia adalah makanan yang kaya protein hewani, karena mengandung semua rantai asam amino yang diperlukan (tidak dapat diganti dan diganti). Untuk memberi tubuh senyawa protein dalam jumlah yang cukup melalui makanan yang berasal dari tumbuhan, Anda perlu menggabungkan sejumlah bahan. Tidak ada komponen seperti itu dalam diet vegetarian yang benar-benar mencakup semua zat yang berguna dan vital. Jadi makanan apa yang kaya protein?

  • Tenderloin sapi dari tulang belikat (Top Blade) dan dari bagian pinggul (Bottom Round)

Potongan daging tanpa lemak ini menyediakan satu gram protein per tujuh kilokalori. Misalnya, steak Ribeye mengandung sekitar satu gram senyawa protein per sebelas kilokalori. Antara lain, keunggulan Putaran Bawah adalah harganya yang murah. Perlu juga diperhatikan: irisan Round and Loin (steak New York) cukup sulit untuk berair, sehingga harus dimasak pada suhu sekitar 60 derajat sebelum Medium Rare. Hal utama adalah jangan "melebihi" daging. Produk daging tinggi protein

  • Ayam dibersihkan secara menyeluruh

Jenis daging ini sangat populer di bidang nutrisi yang tepat: dianjurkan baik saat berolahraga maupun saat mencoba menurunkan berat badan. Fillet ayam akan memberi tubuh asam amino yang diperlukan tanpa membebani dengan komponen karbohidrat dan lemak. Dada ayam harus dimasukkan dalam makanan. Agar tidak mengeluarkan uang ekstra, belilah produk ini selama berbagai promosi.


Perlindungan Flu & Pilek: 5
Makanan
Imunitas Terbaik!


produk

Tidak ada yang mau tertular virus berbahaya yang akan memenuhi kita di tempat tidur. Oleh karena itu, sekarang pencegahan nutrisi yang diperlukan harus dimulai, karena produk dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dengan cara terbaik, kami mencantumkan yang utama:

  1. Teh sehat dan jahe. Ini adalah metode "nenek" yang sudah terbukti lama - teh dengan viburnum, raspberry, kismis, lemon, madu, dan "modern", misalnya teh jahe. Jahe memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan studi terbaru telah mengidentifikasi efek antioksidan dan anti-inflamasinya. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jahe, berikut resep tehnya: Parut 1 sendok teh akar jahe segar. Isi dengan air panas, tetapi bukan air mendidih, dan tutup dengan penutup. Biarkan campuran selama 15 menit. Tambahkan seiris lemon, madu - hanya satu gigitan!
  2. Madu lebah alami. Cocok dipadukan dengan teh dan lemon. Pada saat yang sama, madu tidak boleh ditambahkan langsung ke teh panas, karena zat aktif biologis kehilangan khasiatnya. Madu bisa dimakan dengan seiris lemon, apel, atau dengan keju cottage.
  3. "Yoghurt hidup". Bioyogurt dengan lacto- dan bifidobacteria tidak hanya membantu mempertahankan berat badan yang konstan, tetapi juga "bertanggung jawab" untuk kesehatan saluran pencernaan dan sistem kekebalan yang kuat. Banyak penelitian menunjukkan bahwa probiotik mengurangi gejala flu seperti demam, batuk, dan hidung tersumbat pada anak.
  4. Sereal gandum utuh. Pakar modern mengatakan bahwa mengonsumsi biji-bijian berserat tinggi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Ubi jalar (ubi jalar), oatmeal, barley dan buckwheat adalah makanan anti flu yang efektif. 

    Isi saja biji-bijian dengan air mendidih asin ringan semalaman dalam termos, pagi hari tambahkan susu dan sedikit mentega, buah-buahan kering atau buah-buahan segar secukupnya.
  5. Buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk melawan flu secara efektif, bersandarlah pada buah dan sayuran setiap hari, yang mengandung paling banyak vitamin, mineral, dan serat. Pemimpin yang tak terbantahkan di sini adalah buah jeruk, dan terutama lemon, jeruk keprok, dan jeruk. Satu buah jeruk, misalnya, mengandung kebutuhan vitamin C harian!
  • Makanan laut kaya protein

Makanan laut hanya diperlukan untuk tubuh manusia. Mereka mendukung hormon tiroid, menormalkan proses di saluran pencernaan dan memastikan fungsi kelenjar endokrin. Selain itu, mengandung komponen vitamin B1, B2 dan B12, mineral, unsur makro dan mikro. Jadi, makanan laut paling kaya protein:

  1. Halibut (keluarga flounder)

    Ikan ini kaya akan Omega-3 (PUFA), penting untuk hampir semua sistem tubuh manusia. Senyawa ini mencegah terjadinya masalah pada jantung dan pembuluh darah, mengurangi jumlah kolesterol (zat mirip lemak). Halibut per seratus gram produk mengandung sekitar sembilan belas gram komponen protein.

  2. Sarden (keluarga herring)

    Jumlah protein pada ikan ini sama dengan halibut. Antara lain, sarden mengandung PUFA, yodium dan selenium, yang memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi sistem antioksidan, metabolisme hormon tiroid, dan juga menjaga fungsi sistem saraf pusat.

  3. Ikan teri (keluarga ikan teri)

    Jumlah komponen protein dalam ikan ini sekitar tiga puluh gram per 100 g, selain itu, mengandung mineral bermanfaat (fosfor, kalsium, magnesium, yodium), yang memperkuat tulang dan merawat gigi dan lempeng kuku. 

    Ikan teri memiliki efek positif pada fungsi sistem pembuluh darah, sehingga mencegah sejumlah penyakit.

  4. Cephalopoda (gurita)

    Produk semacam itu tidak biasa di negara kita dan dianggap sebagai makanan lezat. Mereka sulit dibeli di supermarket kecil, tetapi setidaknya kadang-kadang harus ada dalam menu: magnesium, kalsium, natrium, seng, dan fosfor yang terkandung dalam gurita bertindak sebagai antioksidan, menghalangi proses oksidasi yang berbahaya.

    Jumlah protein dalam produk ini sama dengan halibut dan sarden. Namun, perlu dipertimbangkan: moluska jenuh dengan kolesterol, dan oleh karena itu sebaiknya jangan berlebihan menggunakan kelezatan ini.

  5. Tuna sirip kuning (keluarga mackerel)

    Dua puluh tiga gram protein per seratus gram produk. Selain itu, ikan jenuh dengan vitamin E, yang mendukung kerja sistem saraf pusat, mencegah kelelahan, gangguan perhatian, dan masalah memori. Tuna rendah kalori dan sempurna bahkan dengan diet diet.

  6. Nila

    Jumlah komponen protein pada ikan ini sama dengan halibut, sarden, dan gurita. Tilapia mengandung banyak kalsium yang diperlukan untuk jaringan tulang tubuh manusia.

    Tilapia cocok dengan hidangan sayur, nasi, couscous, berbagai jenis kentang tumbuk.

  7. ikan salmon

    Ikan ini hanyalah harta karun dari unsur-unsur yang bermanfaat. Ini sangat diperlukan untuk banyak proses dalam tubuh kita: menjaga sistem saraf pusat, mencegah proses inflamasi, infeksi virus pernapasan akut dan infeksi pernapasan akut, merawat jantung dan pembuluh darah. Namun, makanan kaya protein ini (dua puluh gram komponen per seratus gram fillet), sayangnya, juga mengandung lemak jenuh. Pada suatu waktu, Anda harus membatasi diri hingga 150 g ikan merah.

    Makanan laut kaya protein

Produk susu dengan kandungan protein tinggi

  • Keju-keju cottage "Cottage-cheese"

Keju cottage keju (sebelas gram komponen per seratus gram keju) terlihat seperti gumpalan dadih, yang dicampur dengan krim segar selama pembuatan. Produk-produk ini mengandung sangat sedikit kalori.

Selain itu, keju jenuh dengan fosfor, selenium, vitamin B, kalsium, dan unsur mineral bermanfaat lainnya.

  • Produk yoghurt (Yunani) yang disaring

Rendah kalori, kaya mikroorganisme yang penting untuk kesehatan. Selain itu rasanya sangat enak, teksturnya lembut, lumer di mulut.

Yoghurt Yunani (sepuluh gram komponen per seratus gram yogurt) menormalkan proses pencernaan, meningkatkan kekebalan. Selain itu komposisinya mengandung magnesium, vitamin B, kalsium dan fosfor). Adapun kalori: 53 unit per seratus gram produk.

Penting untuk diperhatikan: Anda hanya perlu membeli yogurt, yang tidak termasuk gula dalam komposisinya, yaitu karbohidrat berbahaya. Selain itu, persentase lemak yang tinggi merupakan nilai tambah untuk jumlah kalorinya.

  • Minuman susu

Sayangnya, sebagian besar populasi orang dewasa di planet ini mengalami intoleransi laktosa, karena tubuh tidak mengeluarkan enzim laktase, yang diperlukan untuk asimilasi susu. Bagi orang lain, minuman ini adalah "pemasok" utama komponen protein bersama produk daging. Susu adalah sumber protein yang sangat penting, tetapi sejumlah besar orang dewasa kesulitan menyerap protein sapi. Tetapi jika Anda bukan salah satunya dan dapat menikmati susu secara maksimal, maka itu adalah sumber protein berkualitas tinggi yang ideal.

  • Protein whey (protein)

Itu diperoleh sebagai produk sampingan dalam produksi keju.

Ini adalah campuran protein susu yang sehat dan terkonsentrasi. Protein semacam itu digunakan oleh para atlet untuk mempertahankan dan menumbuhkan massa otot. Selain itu, whey mendorong penurunan berat badan yang sehat, yaitu tidak menghilangkan zat bermanfaat lainnya dari tubuh.

Makanan kaya protein ini (27 gram komponen per 35 gram suplemen) harus dimakan berdasarkan berat badan Anda - dari sekitar 1,5 g hingga 3 g per 1 kg berat.

Makanan kaya protein nabati

  1. Makanan sayur dan buah

    Kacang hijau muda. Mengandung 5-6 g protein per 100 g produk. Selain itu, seperempat kilogram kacang polong saja akan memberi tubuh Vitamin C selama 24 jam, meningkatkan kekebalan tubuh.

    Bahan bermanfaat lainnya adalah bayam. Ini sangat rendah kalori, tetapi mengandung Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin B9. Mereka mendukung metabolisme yang tepat, memperkuat struktur sel, memperlambat proses penuaan tubuh, mengatur saluran pencernaan, menjaga kesehatan hati, dan sebagainya.

    Juga harus dikatakan tentang artichoke. Ini memenuhi tubuh, mencegah timbulnya rasa lapar yang cepat karena komponen protein.

  2. Produk sereal

    Produk roti yang terbuat dari tepung keras dengan sereal dan biji-bijian. Untuk 100 gram produk mengandung 10-12 gram komponen protein, serta banyak zat bermanfaat lainnya.

    Tanaman biji-bijian yang sama bermanfaatnya adalah bayam. Ada sekitar 15 gram protein per seratus gram produk. Selain itu, biji-bijian hampir tidak mengandung gula, yaitu karbohidrat berbahaya. Amaranth kaya akan pektin, mineral, vitamin B, vitamin C dan E, asam lemak tak jenuh ganda, flavonoid, karbohidrat yang berasal dari alam, serta elemen lain yang diperlukan tubuh manusia. Sereal semacam itu digunakan dalam produksi produk tepung, dedak, minyak sayur. Misalnya, perusahaan Di&Di, yang sangat populer saat ini, membuat berbagai macam produk enak dan sehat dari bayam.

    Tanaman biji-bijian kuno yang tidak mengandung gluten adalah tetlichka. Ini mengandung banyak elemen yang diperlukan untuk tubuh: protein, kalsium, Vitamin C, serat makanan (membantu menjaga kadar gula darah dan berat badan yang sehat). Metlichka membuat sarapan yang sangat enak dan sehat. 

  3. produk kacang-kacangan

    Biji lentil. Seperempat kilogram bahan ini mengandung sekitar 40 gram protein dan hanya satu gram lemak. Selain itu, lentil kaya serat, mengatur kolesterol dan membantu menurunkan berat badan.

    Perwakilan legum yang sama bermanfaatnya adalah kacang. Ini memenuhi tubuh dengan protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna, yang setara dengan protein dari produk daging. Selain itu, buncis banyak mengandung PUFA, kolin, vitamin golongan B, C, E, PP, yodium, fosfor, magnesium, zat besi, dan lain sebagainya.

  4. Biji dan kacang-kacangan

    Biji labu. Selain protein, mereka mengandung vitamin B, A, C dan K, kalsium, magnesium, dan selenium. Mereka bisa ditambahkan ke hidangan utama, dikonsumsi mentah, dan juga digoreng.

    Butir sage Spanyol (chia). Bahan ini mengandung PUFA, zat besi, asam amino esensial, antioksidan. Ditambahkan ke hidangan manis, minuman, dan sarapan.

    Kacang mente. Produk ini, karena khasiatnya yang bermanfaat, membantu mengatasi masalah tinja, migrain, kurang tidur, dan kontraksi otot yang menyakitkan. Selain itu, memperkuat sistem kekebalan tubuh, memulihkan dan menutrisi rambut karena komponen biotin. 

    Kacang almond. Membantu menurunkan berat badan ekstra tanpa mengeluarkan zat bermanfaat dari tubuh. L-arginin, yang merupakan bagian dari produk, mempercepat metabolisme dengan nutrisi yang tepat dan aktivitas fisik.  

Dalam proses mengembangkan menu Anda sendiri, sangat penting untuk memperhatikan hal-hal berikut: Anda tidak dapat makan hanya protein nabati atau hewani saja - Anda harus menggabungkan kedua jenis protein tersebut. Hanya dengan cara ini Anda akan memastikan tubuh Anda jenuh dengan semua vitamin dan mineral yang bermanfaat.

Sumber : https://spardostavka.ru

0 comments:

Posting Komentar