Senin, 08 Juni 2015

Kubis

Kubis
Kubis (Brassica oleracea atau varian) adalah tanaman dua tahunan hijau atau ungu berdaun, ditanam sebagai tanaman sayuran tahunan untuk kepala padat berdaun nya. Terkait erat dengan tanaman cole lainnya, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel, itu turun dari B. oleracea var. oleracea, kubis lapangan liar. Kepala kubis umumnya berkisar 0,5-4 kilogram (1 sampai 9 lb), dan dapat menjadi hijau, ungu dan putih. Kubis hijau perusahaan berkepala halus berdaun adalah yang paling umum, dengan kubis savoy merah dan crinkle berdaun halus berdaun dari kedua warna terlihat lebih jarang. Ini adalah sayuran berlapis-lapis. Dalam kondisi hari diterangi matahari yang panjang seperti yang ditemukan di garis lintang utara di musim panas, kubis dapat tumbuh lebih besar. Beberapa catatan yang dibahas pada akhir bagian sejarah.

Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica oleracea L. Kelompok Capitata ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang disebut krop, kop atau kepala (capitata berarti "berkepala"). Kubis berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat dan, walaupun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat, dianggap sebagai hasil pemuliaan terhadap kubis liar B. oleracea var. sylvestris.

Nama "kubis" diambil dari bahasa Perancis, chou cabus (harafiah berarti "kubis kepala"), yang diperkenalkan oleh sebagian orang Eropa yang tinggal di Hindia-Belanda. Nama "kol" diambil dari bahasa Belanda kool.

Sulit untuk melacak sejarah yang tepat dari kubis, tapi itu kemungkinan besar dijinakkan di suatu tempat di Eropa sebelum 1000 SM, meskipun savoys tidak dikembangkan sampai abad ke-16. Dengan Abad Pertengahan, itu telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa. Kepala kubis umumnya mengambil selama tahun pertama dari siklus hidup tanaman, tetapi tanaman dimaksudkan untuk benih yang dibiarkan tumbuh tahun kedua, dan harus terus dipisahkan dari tanaman lain cole untuk mencegah penyerbukan silang. Kubis rentan terhadap beberapa kekurangan gizi, serta beberapa hama, bakteri dan penyakit jamur.
Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) melaporkan bahwa produksi dunia kubis dan brassica lainnya untuk 2011 hampir 69 juta metrik ton (68 juta ton panjang; 75 juta ton singkat). Hampir setengah dari tanaman ini ditanam di Cina, di mana kubis Cina adalah sayuran Brassica paling populer. Kubis siap dalam berbagai cara untuk makan. Mereka dapat acar, difermentasi untuk hidangan seperti sauerkraut, dikukus, direbus, tumis, direbus, atau dimakan mentah. Kubis merupakan sumber yang baik dari vitamin K, vitamin C dan serat makanan. Terkontaminasi kubis telah dikaitkan dengan kasus penyakit karena makanan pada manusia.

Pertumbuhan
Kubis
Kubis memiliki ciri khas membentuk krop. Pertumbuhan awal ditandai dengan pembentukan daun secara normal. Namun semakin dewasa daun-daunnya mulai melengkung ke atas hingga akhirnya tumbuh sangat rapat. Pada kondisi ini petani biasanya menutup krop dengan daun-daun di bawahnya supaya warna krop makin pucat. Apabila ukuran krop telah mencukupi maka siap kubis siap dipanen. Dalam budidaya, kubis adalah komoditi semusim. Secara biologi, tumbuhan ini adalah dwimusim (biennial) dan memerlukan vernalisasi untuk pembungaan. Apabila tidak mendapat suhu dingin, tumbuhan ini akan terus tumbuh tanpa berbunga. Setelah berbunga, tumbuhan mati.

Bibit kubis memiliki akar tunggang tipis dan berbentuk hati (berbentuk hati) kotiledon. Daun pertama yang diproduksi adalah bulat telur (egg-berbentuk) dengan tangkai daun lobed. Tanaman 40-60 cm (16-24 in) tinggi di tahun pertama mereka pada tahap vegetatif matang, dan 1,5-2,0 m (4,9-6,6 ft) tinggi saat berbunga pada tahun kedua. Kepala rata-rata antara 1 dan £ 8 (0,5 dan 4 kg), dengan cepat tumbuh, sebelumnya-jatuh tempo varietas memproduksi kepala lebih kecil  Kebanyakan kubis memiliki tebal, daun bergantian, dengan margin yang berkisar dari bergelombang atau lobed untuk sangat dibedah.; beberapa varietas memiliki mekar lilin pada daun. Tanaman memiliki sistem akar yang berserat dan dangkal  Sekitar 90 persen dari massa akar di atas 20-30 cm (8-12 in) dari tanah.; beberapa akar lateral dapat menembus hingga 2 m (6,6 ft) yang dalam.

Perbungaan adalah segugusan terminal bercabang dan tak tentu berukuran 50-100 cm (20-40 in) tinggi,  dengan bunga yang berwarna kuning atau putih. Setiap bunga memiliki empat kelopak diatur dalam pola tegak lurus, serta empat sepal, enam benang sari, dan ovarium superior yang dua-bersel dan mengandung stigma tunggal dan gaya. Dua dari enam benang sari memiliki filamen pendek. Buah adalah silique yang terbuka pada saat jatuh tempo melalui dehiscence untuk mengungkapkan cokelat atau hitam biji yang kecil dan berbentuk bulat. Penyerbukan sendiri tidak mungkin, dan tanaman menyerbuk silang oleh serangga.  Daun awal membentuk bentuk roset yang terdiri 7 sampai 15 daun, masing-masing berukuran 25-35 cm (10-14 in) dengan 20-30 cm (8 -12 di);  setelah ini, daun dengan tangkai pendek mengembangkan dan kepala membentuk melalui daun bekam ke dalam .

Kandungan gizi dan manfaat Kubis
Kubis segar mengandung banyak vitamin (A, beberapa B, C, dan E). Kandungan Vitamin C cukup tinggi untuk mencegah skorbut (sariawan akut). Mineral yang banyak dikandung adalah kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Kubis segar juga mengandung sejumlah senyawa yang merangsang pembentukan glutation, zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.
Kubis merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan vitamin K, yang mengandung lebih dari 20% dari Nilai Harian (DV) untuk masing-masing nutrisi per porsi (tabel kanan nilai gizi USDA).  Kubis juga merupakan sumber yang baik (10-19% DV) vitamin B6 dan folat, tanpa nutrisi lain yang memiliki konten yang signifikan per 100 gram porsi (tabel).
Penelitian dasar tentang phytochemical kubis sedang berlangsung untuk melihat apakah senyawa kubis tertentu dapat mempengaruhi kesehatan atau memiliki efek anti-penyakit. Senyawa tersebut termasuk sulforaphane dan glucosinolates lain yang dapat merangsang produksi enzim-enzim detoksifikasi selama metabolisme. Studi menunjukkan bahwa sayuran, termasuk kubis, mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker usus besar.
Kubis ungu mengandung anthocyanin yang berada di bawah penelitian pendahuluan potensi sifat anti-karsinogenik. Kubis juga merupakan sumber dari indole-3-carbinol, bahan kimia di bawah penelitian dasar untuk sifat yang mungkin terjadi.
Sebagaimana suku kubis-kubisan lain, kubis mengandung sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam lambung sehingga menimbulkan rasa kembung (zat-zat goiterogen). Daun kubis juga mengandung kelompok glukosinolat yang menyebabkan rasa agak pahit.

Di Amerika Serikat, kubis telah digunakan sebagai obat mabuk, untuk mengobati abses, untuk mencegah sengatan matahari, atau untuk mendinginkan bagian tubuh yang terkena demam. Daun juga telah digunakan untuk menenangkan kaki sakit dan, ketika diikatkan di leher anak-anak, untuk meringankan croup. Kedua kubis tumbuk dan jus kubis telah digunakan dalam tapal obat untuk menghilangkan bisul dan mengobati kutil, pneumonia, radang usus buntu, dan bisul.

Manfaat lainya dari Kubis
  1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh. Faktanya, kubis merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Kandungan vitamin C dari kubis lebih besar dari buah jeruk. Jadi, mengkonsumsi kubis dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang anda miliki.
  2. Menyehatkan Organ Pencernaan. Faktanya, kubis merupakan jenis sayuran yang merupakan sumber serat yang tinggi. Oleh karena itulah, kubis dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan serta menghindarkan dari gejala susah buang air besar atau sembelit.
  3. Penangkal Kanker Yang Efektif. Faktanya, kubis mengadung sumber antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dalam kubis inilah yang mampu menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit kanker. Fakta lainnya, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi kubis untuk meminimalisir kanker payudara yang bisa membahayakan para wanita tersebut.
  4. Nutrisi Untuk Mata Anda. Faktanya, kubis mengandung sumber nutrisi yang bernama beta karoten. Beta karoten ini dapat membantu mempertajam daya lihat mata sekaligus menangkal katarak dan mencegah penurunan daya lihat orang yang sudah tua.
  5. Penurun Berat Badan Yang Alami. Faktanya, kubis mengandung berbagai vitamin, mineral dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta rendah kalori. Jadi, Sayuran kubis akan lebih efektif bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badannya secara alami.
  6. Salah Satu Makanan Bagi Otak. Faktanya, kubis khususnya kubis merah mengandung vitamin K serta antosianin yang akan menutrisi organ otak. Kedua zat tersebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi di otak lebih baik. Selain itu, vitamin K dapat menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer dan demensia.
  7. Sayuran Terbaik Untuk Tulang Anda. Faktanya, kubis mengandung sumber mineral antara lain kalsium, magnesium serta potasium. Aneka mineral dalam kubis inilah yang membuatnya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. 

Peringatan
Belum ditemukan informasi yang cukup mengenai keamanan mengonsumsi kubis dalam takaran obat selama kehamilan atau menyusui. Tetaplah pada jalur yang aman, dan meskipun belum didapati bukti yang kuat mengenai efek buruknya pada kehamilan, lebih baik mengonsumsinya dalam batas kewajaran saja. Namun jika Anda menyusui, jangan makan kubis bahkan dalam jumlah yang wajar. Karena ada beberapa bukti bahwa sang bayi akan terkena kolik apabila disusui dari ibu yang mengonsumsi kubis, meskipun hanya mengonsumsinya satu kali seminggu. Sedangkan, para analis kesehatan menilai bahwa menerapkan daun atau ekstrak daun kubis ke payudara untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri akibat menyusui adalah aman, bila dilakukan beberapa kali sehari selama satu atau dua hari.
Terkait kelenjar tiroid, ada beberapa kehawatiran bahwa mengonsumsi kubis dapat membuat kondisi hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif) semakin buruk. Yang terbaik adalah menghindari mengonsumsi kubis apabila Anda terkena hipotiroidisme.

Sumber
^Blog Riyawan^
^Mengulas Tips Kesehatan Terlengkap^
^MedKes^

^Wikipedia^

21 komentar:

  1. Thank you for all that you have given to me, hopefully all of these are useful for all of us.
    ace maxs

    BalasHapus
  2. solusi cerdas mengatasi penyakit secara alami aman tanpa efeksamping, obat chikungunya tradisional _ cara pemesanan ace maxs _ vig power capsule

    BalasHapus
  3. sangat membantu terima kasih http://obatmultikhasiatteripanglaut.blogspot.com/2015/08/cara-cepat-menghilangkan-luka-bekas.html

    BalasHapus
  4. sangat membantu terima kasih http://obatmultikhasiatteripanglaut.blogspot.com/2015/08/cara-cepat-menghilangkan-luka-bekas.html

    BalasHapus