Minggu, 17 April 2022

Soal Pemeliharaan sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

 

  1. Fungsi utama kopling adalah ....

  1. Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari engine ke roda

  2. Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari engine ke transmisi

  3. Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari engine ke poros propeller

  4. Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari engine ke poros axle

  5. Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari poros differensial

  1. Komponen utama kopling manual adalah ....

  1. Pelat kopling, tutup kopling dan mekanisme penggerak

  2. Pelat kopling, kanvas kopling dan mekanisme pengerak

  3. Pedal kopling, pelat kopling dan poros kopling

  4. Pedal kopling, pelat kopling dan mekanisme penggerak

  5. Pedal kopling, pelat kopling dan tutup kopling

  1. Kopling kendaraan umumnya terdiri jenis-jenis kecuali ....

  1. Kopling gesek

  2. Kopling mekanis

  3. Kopling magnet

  4. Kopling satu arah

  5. Kopling hidraulis

  1. Pada tutup kopling terdapat pegas penahan yang berbentuk ....

  1. Pegas koil

  2. Pegas diapragma

  3. Pegas ulir 

  4. a dan b benar

  5. a, b dan c benar

  1. Kemungkinan penyebab kopling slip, kecuali ....

  1. Jarak bebas pedal kopling terlalu besar

  2. Jarak bebas pedal kopling terlalu kecil

  3. Plat kopling aus

  4. Plat kopling berminyak

  5. Plat kopling sudah lemah

  1. Menurut mekanisme penggerak atau cara kerjanya, kopling terdiri dari dua tipe yaitu ....

  1. Kopling manual dan kopling otomatis

  2. Kopling tunggal dan kopling ganda

  3. Kopling kering dan kopling basah

  4. Kopling mekanis dan kopling hidraulis

  5. Kopling hidraulis dan kopling elektris

  1. Ditinjau dari bentuk bidang geseknya, kopling dibedakan menjadi dua yaitu ....

  1. Kopling plat tunggal dan plat ganda

  2. Kopling piringan dan kopling konis

  3. Kopling basah dan kopling basah

  4. Kopling pegas spiral dan kopling pegas diagprahm

  5. Kopling gesek dan kopling magnet

  1. Jika pada suatu kendaraan dimana transmisinya sukar untuk dibebaskan atau sukar untuk perpindahan gigi, penyebabnya ....

  1. Pelat kopling aus/tipis

  2. Pegas penekan pelat lemah

  3. Tinggi pedal kopling terlalu rendah

  4. a,b dan c benar

  5. a dan b benar

  1. Ketika seseorang mengendarai mobil melalui jalan mendaki/menanjak, terasa tenaga mesin berkurang dan kendaraan tidak dapat berakselerasi spontan, penyebabnya ....

  1. Kopling macet

  2. Kopling putus 

  3. Kopling slip

  4. Gerak bebas pedal kopling terlalu besar

  5. Gerak bebas pedal kopling terlalu kecil

  1. Yang bukan Komponen utama kopling otomatis/hidraulis adalah  ....

  1. Impeller

  2. Turbin

  3. Stator

  4. Pump 

  5. Main gear

  1. Seorang pengemudi merasakan bahwa kecepatan mobilnya terasa lambat dan tidak bisa melaju dengan kencang. Padahal piosisi gigi 4. Kemungkinan penyebabnya ....

  1. Kabel kopling putus

  2. Pelat/kanvas kopling sudah tipis

  3. Gerak bebas pedal terlalu kecil

  4. a dan b benar

  5. a, b dan c benar

  1. Komponen utama transmisi manual kendaraan FR, kecuali

  1. Counter shaft dan gear

  2. Output shaft dan gear

  3. Input shaft dan gear

  4. Input shaft

  5. Counter shaft mekanisme

  1. Yang bukan meruapakan sistem pemindahan kecepatan pada transmisi manual yaitu

  1. Transmisi dengan roda gigi geser

  2. Transmisi dengan roda gigi tetap

  3. Transmisi sinchronmesh

  4. a,b dan c benar

  5. orangromes 

  1. Jenis-jenis roda gigi yang umum digunakan pada transmisi manual adalah

  1. Roda gigi spur

  2. Roda gigi kerucut spiral

  3. Roda gigi helical

  4. Roda gigi double helical

  5. Roda gigi epicyclic

  1. Fungsi dari transmisi adalah...
    A. Menurunkan kecepatan ketika tingkat gigi tertinggi terhubung
    B. Kecepatan sama pada setiap tingkat gigi percepatan
    C. Momen kecil ketika tingkat gigi tertinggi terhubung
    D. Momen besar ketika tingkat gigi terendah terhubung
    E. Menaikkan kecepatan ketika tingkat gigi terendah terpisah 

  2. Momen yang besar dibutuhkan kendaraan pada saat ....
    A. Mulai berjalan
    B. Menuruni bukit
    C. Di tempat datar
    D. Berhenti
    E. Kecepatan tinggi

  3. Memindahkan gigi transmisi manual dari gigi III ke gigi IV berarti...
    A. Momen putar bertambah, kecepatan berkurang
    B. Momen putar bertambah, kecepatan bertambah
    C. Momen putar berkurang, kecepatan berkurang
    D. Momen putar berkurang, kecepatan bertambah
    E. Momen putar tetap, kecepatan berkurang

  4. Gear Ratio pada rangkaian roda gigi di bawah ini bila jumlah gigi A = 42, B = 27, C = 18, D = 21 adalah...

  1. 1soal chasis otomotif atau PSPT

  2. 0,5

  3. 1,25

  4.  0,75

  5. 1,5

  1. Gambar komponen transmisi dibawah ini pada nomor 1,2,3,4,5 adalah….

soal chasis otomotif atau PSPT

  1. Clutch hub, hub sleeve, key spring, shifting key, synchromesh ring

  2. Hub sleeve, clutch hub, key spring, shifting key, synchromesh ring

  3. Hub sleeve, clutch hub, shifting key, key spring, synchromesh ring

  4. Hub sleeve, key spring, clutch hub, shifting key, synchromesh ring

  5. Clutch hub, hub sleeve, shifting key, key spring, synchromesh ring

  1. Komponen transmisi yang berfungsi meneruskan tenaga / putaran dari hub sleeve ke poros output adalah….
    A. Hub sleeve
    B. Clutch hub
    C. Key spring
    D. Shifting key
    E. Synchromesh ring

  1. Komponen transmisi yang berfungsi mencegah pergantian gigi sebelum putaran sama adalah….
    A. Hub sleeve
    B. Clutch hub
    C. Key spring
    D. Shifting key
    E. Synchromesh ring

  2. Komponen transmisi manual terdapat mekanisme pencegah agar tidak terjadi hubungan ganda saat masuk gigi/ pindah gigi yaitu....
    A. Gear shift control mechanism
    B. Shift detent mechanism
    C. Direct control mechanism
    D. Remote control mechanism
    E. Double meshing prevention mechanism

  3. Komponen transmisi manual yang berfungsi untuk mencegah gigi kembali ke netral dan untuk meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan adalah….
    A. Gear shift control mechanism
    B. Shift detent mechanism
    C. Direct control mechanism
    D. Remote control mechanism
    E. Double meshing prevention mechanism

  4. Salah satu keuntungan kopling dengan tipe pegas diapragma adalah ....
    A. Tekanannya dapat memperkecil keusan plat kopling
    B. Tekanan pada plat kopling selalu konstan
    C. Tekanan pedal kopling selalu konstan ketika kopling bekerja
    D. Tekanan  pegas sama saja
    E. Tekanan pegas dapat merata

  5. Komponen yang berfungsi untuk meredam kejutan  pada saat kopling mulai berhubungan pada gaya  radial ditunjukkan oleh gambar nomor . . . .

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5



soal chasis otomotif atau PSPT
  1. Gambar komponen kopling di bawah ini pada nomor 1, 2, 3, 6, 9, 10 adalah….

 

A. Release fork, fly wheel, release bearing, pilot bearing, pressure plate, clutch cover
B. Pressure lever, fly wheel, pilot bearing, release bearing, pressure plate, diafragma spring
C. Release fork, fly wheel, bearing, release bearing, pressure plate, clutch cover
D. Pressure lever, fly wheel, release bearing, pilot bearing, pressure plate, clutch cover
E. Pressure lever, clutch cover, clutch bearing, release bearing, pressure plate, diafragma springsoal chasis otomotif atau PSPT

  1. Saat putaran mesin disalurkan maka plat kopling akan terjepit diantara pressure plate dan flywheel. Agar penyaluran putaran dapat disalurkan dengan lembut dan mengantisipasi gaya aksial maka diperlukan komponen . . . .
    A. Torsion damper
    B. Cushion plate
    C. Clutch hub
    D. Facing
    E. Rivet

  2. Perhatikan gambar kopling di bawah ini! Komponen kopling yang ditunjukkan nomor 5, 4, 6, 3, 2, 1 adalah...

 soal chasis otomotif atau PSPT

A. Pressure lever, clutch plate, fly wheel, pressure plate, release bearing, release fork
B. Pressure lever, clutch plate, pilot bearing, release bearing, fly wheel, pressure plate
C. Pressure lever, release bearing, clutch plate, pilot bearing, pressure plate, release fork
D. Diafragma spring, clutch plate, fly wheel, pressure plate, release bearing, release fork
E. Diafragma spring, pressure plate, clutch plate, clutch cover, release bearing, pressure lever

  1.  Saat pedal kopling dilepas, putaran/tenaga engine diteruskan dari crank shaft ke ....
    A. Fly wheel, clutch plate, pressure plate, input shaft transmision
    B. Fly wheel, pressure plate, release bearing, input shaft transmision
    C. Fly wheel, pressure plate, clutch plate, input shaft transmision
    D. Fly wheel, release bearing, pressure plate, input shaft transmision
    E. Fly wheel, release bearing, clutch plate, input shaft transmision

  2. Pernyataan di bawah ini yang bukan penyebab kopling selip adalah...

  1. Pegas kopling lemah

  2. Plat penekan aus

  3. Run out flywheel berlebihan

  4. Gigi hub sleeve aus

  5. Flywheel terkena minyak


0 comments:

Posting Komentar